«

»

Jun 10

UKM INVASION 2015 “MENJIJIKAN TAPI MENJANJIKAN”

DSCN6875

UKM INVASION 2015
“MENJIJIKAN TAPI MENJANJIKAN”

KELURAHAN PENANGGUNGAN
Bekerjasama Dengan
UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG

   Kelurahan Penanggungan banyak Home Industri terutama GERABAH. GERABAH sendiri sudah ada sejak dulu jaman Belanda dan hingga saat ini gerabah di Kelurahan Penanggungan masih hidup. Dulu tempat ini dinamakan Lingkungan NJENGGRIK hingga sekarang mejadi Kelurahan Penanggungan.
Gerabah Njenggrik sudah terkenal sampai luar pulau bahkan manca negara. Tetapi saat ini Gerabah Njenggrik sangat memprihatinkan, karena satu per satu Home Indutri tersebut terus terkikis.
Banyak faktor yang mempengaruhi kondisi tersebut, seperti kualitas tanah liat, tempat pembakaran, dan juga pemasarannya. Tanah liat itu sendiri sekarang di ambil dari daerah malang selatan, Oleh karena itu Kelurahan Penanggunan terus berupaya untuk mengangkat kembali Gerabah Njeggrik / Kelurahan Penanggungan.
Upaya-upaya yang dilakukan oleh Kelurahan Penanggunan antara lain, Bekerja sama dengan sekolah –sekolah, Universitas maupun sponsorisasi. Di sekolahan Pendidikan Gerabah dimasukan dalam ekskul wajib seperti di SDN Penanggungan.
Kemarin minggu 31 Maret 2015 Kelurahan Penanggungan bekerja- sama Universitas Brawijaya Malang, mengadakan sosialisasi masalah Gerabah . Dengan Narasumber Bpk.NGADIONO.
Bpk Ngadiono ini salah satu orang yang konsisten menekuni pembuatan gerabah hingga sekarang. Sedangkan para Mahasiswa dari UB sangat antusias, Mereka sangat memperhatikan pejelasan dari Lurah maupun dari Narasumber.
Bahkan para Mahasiswa juga belajar bagaimana cara-cara pembuatan Gerabah . Meskipun “MENJIJIKAN TAPI MENJANJIKAN “ Acara tersebut berlangsung mulai pkl.09.00 sampai pkl.12.00 Wib. Bertempat di gedung PKK Kelurahan Penanggungan. Lurah Penanggungan Dwi Hermawan Purnomo,S.STP. Menghimbau kepada Mahasiswa betapa pentingnya ,Memajukan produk lokal seperti gerabah yang ada di Kelurahan Penanggungan. Selain itu Lurah penanggungan berharap, para mahasiswa bisa ikut andil dalam memajukan produk lokal tersebut. (oleh :Joko Sungkono.Kel.Penanggungan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>