berita lain-lain

Penyaluran BPNTD Kelurahan penanggungan

 

Kelurahan Penanggungan.Bekerja sama dengan Kelompok Usaha Bersama (Kube) kelurahan penanggungan, sudah beberapa kali  menyalurkan beras BPNT Daerah , Kamis, (17/06).

Di Kelurahan Penanggungan, penyaluran BPNTD dilaksanakan dengan meminjam Gedung balai RW.02 kelurahan penanggungan, melihat sasaran dari BPNTD ini hanya 73 KPM yang berasal dari 8 Rw di kelurahan setempat.

“Alhamdulillah kita difasilitasi Ketua Rw.02 dalam pelaksanaan penyaluran Bansos ini, soalnya kalo beras diantar langsung ke pemnerima manfaat operasional Kube habis di-transport.

Dia menambahkan, sejak BPNTD disalurkan per Januari 2020, kualitas beras yang dikirim supplier cukup terjaga. Hal ini lantaran beras BPNTD dipasok langsung oleh rekanan kube kelurahan dengan merek dagang “Melon”.

Meski bukan bagian dari program PKH, penyaluran BPNTD ini didampingi langsung oleh seluruh Pendamping PSM kelurahan. Pendampingan dilaksanakan sejak tahap validasi hingga mobilisasi KPM pada penyaluran tiap bulan.

Koordinator Pendamping PSM Penanggungan, Ila, mengatakan bahwa pendampingan ini murni dalam rangka mendukung program Pemkot Malang.

“Setiap program yang berkaitan dengan pengentasan kemiskinan, kita siap mendukung, terlepas apakah itu milik Kemensos atau tidak. Terlebih, ini memanfaatkan Kube kelurahan,” ungkap PSM penanggungan ini.

Berbeda dengan BPNT Kemensos, BPNTD ini hanya berupa beras saja senilai 10 kilogram. Tidak ada unsur protein maupun vitamin.

Untuk diketahui, BPNTD ini menyasar 73 keluarga prasejahtera di kelurahan Penanggungan. Mereka berasal dari keluarga miskin yang belum menerima Bansos Kemensos. Kube PSM yang ada di masing-masing Kelurahan sengaja ditunjuk sebagai agen penyalur  untuk tujuan pemberdayaan. (kel.penanggungan)